Saturday, April 11, 2015

Book Review: Test Pack by Ninit Yunita

Judul: Test Pack
Penulis: Ninit Yunita
Penerbit: Gagas Media
Tebal: 202
Format: Paperback
Terbit: November, 2010
Harga: Rp31.025 (KutuKutuBuku)
Rating: 3 / 5 stars

Date started: 10 April 2015 - Date finished: 11 April 2015

Sinopsis:
SEBAGIAN dari kita mungkin ada yang mencintai seseorang karena keadaan sesaat. Karena dia baik, karena dia pintar, even mungkin karena dia kaya. Tidak pernah terpikir apa jadinya, kalau dia mendadak jahat, mendadak tidak sepintar dahulu, atau mendadak miskin.

Will you still love them, then?
That's why you need commitment.
Don't love someone because of what/how/who they are.
From now on, start loving someone,
because you want to.
Review:
Test Pack bercerita tentang kehidupan sepasang suami istri bernama Arista (Tata) dan Rahmat (Mamat). Tata adalah seorang pengacara dan Mamat adalah seorang psikolog. Kehidupan mereka bahagia tapi mereka memiliki kekurangan. Selama tujuh tahun menikah, mereka masih belum dikaruniai seorang anak. Segala posisi proses "penyerbukan" sudah mereka coba, mulai dari yang biasa sampai yang ada di dalam buku Kamasutra tetap saja mereka tidak bisa mendapatkan anak.

Mamat, adalah seorang psikolog yang, dalam novel ini, sering menjadi tempat konsultasi pasangan suami istri yang bermasalah. Sementara Tata adalah seorang pengacara yang sering menangani kasus-kasus perceraian. Pekerjaan mereka sungguh terbalik 180 derajat, sebab di saat Mamat berusaha mati-matian merujukkan pasangan suami istri yang bermasalah, Tata justru menjadi pengacara yang mengabulkan salah satu pasangan ingin bercerai.

Selama ini hidup mereka meskipun tanpa anak harmonis-harmonis saja, karena mereka memiliki satu sama lain. Tapi kebahagiaan yang mereka miliki ini tidak tahan lama, ketika teman-teman mereka mulai hamil satu persatu bahkan kucing tetangga mereka juga hamil. Mereka, tepatnya Tata sudah muak dan akhirnya memutuskan untuk melakukan hal yang selama ini dai takutkan, yaitu memeriksa keadaan fertilitasnya dan Mamat kepada dokter kandungan.

Ketakutan terbesar Tata adalah menjadi sebab dia tidak memiliki anak selama ini karena dia infertil, tapi tes fertilitas yang dilakukan mereka berdua justru malah mengancam rumah tangga yang mereka bangun selama ini. Hasil tes yang mereka lakukan akan menjadi sumber kehancuran rumah tangga mereka, seakan belum cukup, nanti akan muncul lagi kesalahpahaman yang semakin membuat runyam kondisi pernikahan mereka.
Kata buku, Infertility is defined by doctors as the failure to become pregnant after a year of unprotected intercourse.
Test Pack adalah buku karya Ninit Yunita yang pertama kali kubaca. Kemarin waktu di kampus seorang teman membawa buku ini dan aku langsung meminjamnya karena rasa ingin tahu akan ceritanya. Sebenarnya aku baru-baru ini membeli buku Ninit Yunita yang berjudul Kok Putusin Gue? tapi untuk sementara buku itu masih akan menjadi timbunan. Setelah menyelesaikan buku ini yang sebenarnya bisa kuselesaikan dalam waktu cepat namun sedang dikejar deadline tugas-tugas dan final project jadi bacanya agak lemot.

Aku suka sekali dengan gaya penulisan Ninit Yunita, ceritanya mengalir dan mudah sekali untuk diikuti. Dengan ukuran novel yang setipis ini, si penulis bisa membawa tema yang cukup berat, yaitu tentang komitmen antar pasangan. Buku ini ditulis melalui dua perspektif karakter utamanya, Tata dan Mamat. Mudah sekali membedakan perspektif yang kita baca, selain karena perbedaan font yang digunakan juga karena memang kepribadian kedua karakter ini memang berbeda. Mamat cenderung tenang, suka bercanda, dan suportif pada istri. Sedangkan Tata cenderung mudah panik dan emosional.

Sebenarnya aku suka dungeon ending yang diberikan oleh si penulis ini tapi aku kurang suka dengan cara penyelesaian konflik utama para tokoh utama ini yang menurutku terkesan terlalu mudah dan terlalu cepat. Ya, mungkin juga ini karena faktor jumlah halaman novel ini yang cukup tipis.
"Bagi dunia, kamu mungkin hanya seseorang. Tapi bagi saya, kamu adalah dunia yang selama ini saya cari."
Humor yang disisipkan di buku ini lumayan lucu. Salah satu hal yang menurutku sangat lucu adalah kenyataan bahwa karakter Tata ini memiliki hobi mengoleksi test pack, dia suka membeli test pack dalam jumlah lusinan dan juga apabila temannya sedang pergi ke luar negeri oleh-oleh yang mereka berikan untuk Tata adalah test pack. Jadi Tata mengoleksi test pack lokal dan mancanegara.

Singkat kata, ini buku yang sangat menyenangkan untuk dibaca. Di buku ini Ninit mengangkat tema penting, yaitu "komitmen" dan disampaikan dengan gaya yang ringan. Oh ya, ternyata Ninit Yunita adalah istri dari penulis yang baru-baru ini menjadi favoritku, Adhitya Mulya! Ah, pasangan penulis!! Such a sweet thing!! *apa hubungannya woy*

© books-over-all ©

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...