Thursday, September 11, 2014

Book Review: If I Stay - Jika Aku Tetap Di Sini (If I Stay, #1) by Gayle Forman

Penulis: Gayle Forman
Penerjemah: Poppy D. Chusfani
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 200
Format: Paperback
Terbit: Februari, 2011
Harga: Rp 32,300 (BukuKita)
Rating: 2½ / 5 stars

Date started: 9 September, 2014 - Date finished: 10 September, 2014

Sinopsis:
Mia memiliki segalanya: keluarga yang menyayanginya, kekasih yang memujanya, dan masa depan cerah penuh musik dan pilihan. Kemudian, dalam sekejap, semua itu terenggut darinya.
Terjebak antara hidup dan mati, antara masa lalu yang indah dan masa depan yang tidak pasti, Mia menghadapi satu hari penting ketika ia merenungkan satu-satunya keputusan yang masih dimilikinya---keputusan terpenting yang akan pernah dibuatnya.
Review:
Mia, gadis remaja Oregon memiliki segalanya dalam hidupnya keluarga yang menyayanginya, pacar yang mencintainya, sahabat yang selalu ada untuknya dan musik yang selalu mengelilinginya. Saat perjalanan menuju rumah teman orang tuanya, Henry dan Willow Mia dan keluarganya mengalami kecelakaan parah yang menyebabkan dirinya harus masuk rumah sakit dan menjalani operasi. Anehnya, Mia terpisah dari tubuhnya seperti "hantu" tapi dia melihat dan merasakan bahwa tubuhnya masih hidup di rumah sakit itu berjuang untuk sadar kembali atau memutuskan untuk meninggalkan orang-orang yang dicintainya...
Seperti apakah jadinya jika aku memutuskan tinggal? Bagaimana rasanya terbangun dan menjadi yatim-piatu? Tidak bisa lagi mencium bau pipa tembakau Dad? Tidak bisa lagi berdiri di sebelah Mom, mengobrol sembari mencuci piring? Tidak pernah lagi membacakan satu bab Harry Potter pada Teddy? Tinggal tanpa mereka?
If I Stay adalah buku yang menceritakan tentang kehidupan, cinta, kasih sayang dan musik. Sejujurnya, menurutku buku ini biasa-biasa saja tidak ada plot twist yang mengejutkan dan tidak emotionally draining seperti yang aku harapkan. Di buku ini kita menjadi Mia, tokoh utama cerita ini yang terjebak antara hidup dan mati, dia terpisahkan dari tubuhnya dan bisa melihat semua hal yang terjadi pada dirinya pada saat kecelakaan dan setelah kecelakaan (Basically, she's a ghost).

Buku ini diisi dengan keadaan Mia di rumah sakit setelah kecelakaan dan kenangan-kenangan hidupnya sebelum kecelakaan terjadi. Semua hal yang diceritakan disini biasa-biasa saja menurutku, pada saat di rumah sakit Mia dijenguk dan ditemani oleh keluarga besarnya, pacarnya Adam dan sahabatnya Kim yang pastinya mereka datang untuk memberi support dan mengharapkan Mia untuk cepat sadarkan diri dan tidak meninggalkan mereka. Kenangan-kenangan sebelum kecelakaan berisi tentang cerita Mia dan orang-orang disekitarnya seperti bagaimana ayah dan ibunya bertemu satu sama lain, bagaimana Mia bisa berpacaran dengan Adam, bagaimana Mia dan Kim yang awalnya bermusuhan bisa menjadi sahabat, dll. It's all pretty usual hal yang unik hanyalah hal-hal tersebut diceritakan oleh seorang hantu (hantu yang dimaksud disini tetap seperti manusia tetapi tidak terlihat oleh orang lain, dia tidak bisa terbang, menembus tembok atau apapun).
Apakah aku tinggal. Apakah aku hidup. Itu tergantung pada diriku.
Jadi, itulah opiniku terhadap buku ini yang menurutku sangat mengejutkan karena banyak orang yang bilang bahwa buku ini sangat bagus dan mengharukan tapi bagiku ini biasa saja (I don't know, maybe I'm dead inside...). Selain itu walaupun aku tidak terlalu menyukai buku ini aku tetap saja tertarik untuk mengetahui kelanjutan cerita Mia di buku selanjutnya dan juga masih ingin mengetahui bagaimana filmnya nanti! (maybe, I'll like the movie better!).

Here's a trailer of If I Stay (movie) in case you haven't seen it yet:)

© books-over-all ©

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...