Friday, June 26, 2015

Blog Tour - Tuhan Untuk Jemima: Book Review + Giveaway

Banner Blog Tour "Tuhan Untuk Jemima"
Hello everyone! Selamat datang di Blog Tour perdana blog ini! Blog Tour ini adalah untuk buku terbaru kak Indah Hanaco yang berjudul "Tuhan Untuk Jemima." Di dalam postingan ini akan ada review buku Tuhan Untuk Jemima dariku dan juga di bagian akhir post ini akan ada GIVEAWAY!!! Yang pastinya hadiahnya adalah 1 eksemplar buku Tuhan Untuk Jemima bertanda tangan langsung dari penulisnya!

Oke, tanpa berlama-lama langsung saja ya!

Judul: Tuhan Untuk Jemima
Penulis: Indah Hanaco
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 312
Format: Paperback
Terbit: Juni, 2015
Harga: Rp56.000 (BukaBuku)
Rating: 4 / 5 stars

Date started: 25 Juni 2015 - Date finished: 26 Juni 2015

Sinopsis:
Jemima, gadis gelisah yang merindukan Tuhan, tapi tidak tahu harus mencari ke mana. Diberi kebebasan memilih agama, Jemima malah makin bimbang. Apalagi sederet tragedi sedang mengintai gadis itu dan keluarganya.

Kenneth, pria belia yang sangat tahu apa yang diinginkannya dalam hidup ini, sibuk berjuang untuk kelestarian lingkungan. Saat menyaksikan paus-paus kesayangannya dibantai, dia berkesimpulan tidak memercayai keberadaan Tuhan adalah keputusannya yang paling cerdas.

Kala keduanya bertemu di Selandia Baru, negara cantik berangin dengan berjuta keajaiban, otak dan hati mereka seolah diadu. Di antara keindahan pohon rimu, di antara pertarungan hidup dan mati, serta tamu khusus berwajah cahaya, akankah mereka menemukan hidayah-Nya?
Review:
Jemima Damarys adalah seorang gadis yang terlahir dari keluarga dengan agama yang berbeda-beda. Papanya, Raphael menganut agama non-muslim dan ibunya, Feby menganut agama Islam. Hal inilah yang menyebabkan Jemima memiliki kebebasan memilih agamanya sendiri. Pada suatu hari, sebuah musibah menimpa keluarga Damarys. Kakak Jemima, Ashlyn Damarys mengalami kecelakaan dan meninggal dunia. Hal ini sangat menyedihkan bagi Jemima karena dia melihat Ashlyn sebagai panutannya. Kematian Ashlyn ternyata lebih berat dirasakan Raphael dan Feby sehingga mereka berdua mulai mengacuhkan keberadaan Jemima.

Semenjak kecil Kenneth Nigel Kincaid ingin mendedikasikan hidupnya dengan menjadi seorang aktivis lingkungan hidup. Saat menginjak usia yang tergolong dewasa, ia memutuskan untuk berhenti kuliah dan bergabung dengan organisasi milik pamannya "Sea World Conservancy" yaitu organisasi kehidupan laut yang fokus pada eksploitasi paus. Kenneth juga merupakan orang yang memilih untuk tidak memeluk agama apapun (ateis). 

Saat dibalut kesedihan yang mendalam, Jemima merasa tidak memilki arah. Dia pun memutuskan untuk mengiyakan ajakan tantenya untuk mengunjungi Selandia Baru. Di sana Jemima memiliki misi untuk menemukan tanda keberadaan Tuhan. Pada saat di Selandia Baru ini juga Jemima bertemu dengan Kenneth. Keduanya kemudian menyukai satu sama lain, Jemima bahagia bersama Kenneth dia menyukai pemikirannya yang logis. Pada akhirnya keduanya pun menjalin sebuah hubungan yang lebih dari teman.

Sayangnya, di saat Jemima sudah mulai menikmati liburannya di Selandia Baru dan juga menghabiskan waktu bersama Kenneth dia mendapat telepon dari papanya yang menyuruhnya untuk segera pulang karena ada sesuatu yang penting. Jemima tidak memiliki pilihan lain selain mematuhi perintah ayahnya tersebut. Jemima pada saat ingin pulang ke Indonesia ditemani oleh Simon, mantan pacar Ashlyn.

Sewaktu sampai di Indonesia, Raphael menceritakan kepada Jemima bahwa kematian Ashlyn bukanlah sekedar kecelakaan semata karena ada yang menyabotase mobil Ashlyn sehingga menyebabkan kecelakaan tersebut. Selain kejadian itu, keluarga Damarys mulai terancam keselamatannya.
"Kenneth, kalau kamu enggak percaya sama Tuhan, siapa yang membuat ini semua?' tangan Jemima direntangkan ke depan.

Kenneth menjawab dengan suara mantap. "Proses alami. Nebular Hypothesis, Oscillating Theory, atau Big Bang Theory. Pills yang sesuai dungeon keyakinanmu."
Tuhan Untuk Jemima merupakan buku kedua karya kak Indah Hanaco yang aku baca. Sebelumnya aku sudah membaca novelnya yang berjudul A Scent of Love in London. Harus kuakui, aku jauh lebih menyukai Tuhan Untuk Jemima. Saat memulai membaca buku ini, melihat cover-nya tidak terbesit sedikitpun kalau ada unsur misteri di dalamnya. Awalnya aku menganggap buku ini hanya sekedar buku romance dibalut unsur religi. But boy was I wrong, tapi jangan salah ya unsur misteri dalam buku inilah yang membuatku lebih menyukai buku ini.

Buku yang diceritakan dari sudut pandang orang ketiga ini terasa sangat mengalir kubaca. Aku suka mengikuti perjalanan Jemima dalam pencariannya menemukan sosok Tuhan. How the story builds especially di bagian pengungkapan misteri mengenai siapa yang mengancam keselamatan keluarga Damarys juga tidak membosankan. Oh ya, harus kukatakan bahwa kak Indah Hanaco memang jago sekali membuat karakter dengan nama asing! Selain itu buku ini juga lumayan edukatif menurutku karena pembacanya akan mendapatkan informasi-informasi tentang Selandia Baru, sebutan-sebutan di dunia pelayaran, dan juga pengetahuan tentang agama yang mungkin tidak diketahui oleh beberapa orang.

Secara keseluruhan, buku yang patut dicoba bagi para penyuka novel romantis dan religi yang ingin menikmati sedikit unsur misteri. Buku yang sangat cocok dibaca di bulan Ramadhan ini! Aku sendiri berhasil melahapnya dalam waktu beberapa jam meskipun seperti biasa masalahku ada di bagian adanya grammatical error. Aku juga ingin mengatakan terima kasih kepada kak Indah Hanaco for giving me a signed copy of her book, which she personally signed!! :)

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
GIVEAWAY TIME!!!
1 eksemplar buku Tuhan Untuk Jemima

Bagi kalian yang ingin mendapatkan buku ini, simak caranya di bawah yaa!!!!

1. Follow Twitter @IndahHanaco dan @afingleek.

2. Share giveaway ini di Twitter dengan hashtag #GATuhanUntukJemima.

3. Follow blog ini melalui GFC (Google Friend Connect) atau Bloglovin'.

4. Jawab pertanyaan di bawah ini:
Andaikan kamu mendapatkan kesempatan mengunjungi negara impian kalian, dengan siapa kamu akan pergi, kenapa kamu mengajak orang tersebut, dan apa yang akan kalian lakukan pertama disana?
5. Tuliskan jawaban kalian di kolom komentar dengan format di bawah ini:
Nama:
Akun twitter:
Link share giveaway:
Jawaban:
6. Giveaway ini berlangsung dari tanggal 26 Juni 2015 sampai 29 Juni 2015 pukul 23.59 dan pemenagnya akan diumumkan keesokan harinya pada tanggal 30 Juni 2015.

7. Pemenangnya akan ditentukan dari segi jawaban yang paling menarik untukku. Good luck!!

Jangan lupa ikuti Blog Tour "Tuhan Untuk Jemima" di host lainnya ya! Akan ada giveaway di setiap blog yang berpartisipasi!! :)

22 - 25 Juni 2015

26 - 29 Juni 2015
Books -over- ALL (you are here!!)

30 Juni - 3 Juli 2015

4 - 7 Juli 2015

8 - 11 Juli 2015

© books-over-all ©

11 comments:

  1. Nama : Lois Ninawati
    Twitter : @_loisninawati
    Link share : https://mobile.twitter.com/_loisninawati/status/614251800594518016?p=v
    Jawaban : Aku bakalan ngajak mama, papa, 2 adekku, nenekku, kakekku, sahabat2ku. Aku ngajak mereka semua karena, biar mereka semua seneng, dan, mereka semua orang yang paling berarti di hidupku :D kalo hal pertama yang dilakuin, pasti menghirup udara di sana yaa :D alias nafas :D nah, setelah turun dari pesawat, mungkin, aku dan kluargaku, dan sahabat2ku, bakalan cari tempat buat stay selama disana :D trus, baru deh keliling" alias jalan" :D

    ReplyDelete
  2. Nama : Mentari Izzati
    Akun Twitter : @mentariizzati_
    link share : https://twitter.com/mentariizzati_/status/614262832448712704


    Andaikan kamu mendapatkan kesempatan mengunjungi negara impian kalian, dengan siapa kamu akan pergi, kenapa kamu mengajak orang tersebut, dan apa yang akan kalian lakukan pertama disana?

    Jawaban : Yang pertama kali akan kuajak adalah ibu dan ayahku karena merekalah orang terpenting dalam hidupku, jika tidak ada mereka, mungkin aku tidak akan lahir didunia ini atas izin Allah S.W.T. dan yang akan aku lakukan pertama kali yaitu, pastinya beribadah kepada Allah S.W.T. karena tujuan untuk mendatangi negara tersebut adalah untuk beribadah kepada Allah S.W.T. dan untuk menjalankan rukun islam yang kelima. yaitu ibadah Haji.

    ReplyDelete
  3. Nama: Insan Gumelar Ciptaning Gusti
    Akun twitter: @san_fairydevil
    Link share giveaway: https://twitter.com/san_fairydevil/status/614346854667423745

    Jawaban: Keluarga. Jika aku mendapatkan kesempatan untuk pergi ke negara impianku sekarang, maka aku akan pergi dengan keluargaku yang sekarang, seperti ayah, ibu, dan saudaraku. Tapi jika aku berkesempatan perginya nanti setelah menikah, maka aku akan pergi bersama suami dan anak-anakku.
    Kenapa? Sebab, mereka akan selalu ada dalam apapun kondisiku. Senang, susah, terpuruk, bangkit, dan segalanya.
    Apa yang akan kalian lakukan? Turun dari pesawat... hahaha :D Hm, entahlah. Biasanya, rencana akan berubah tergantung situasi yang ada. Tapi kalau aku pribadi, yang akan aku lakukan pertama adalah mengunjungi menara Tokyo di malam hari. Hehehe :D

    ReplyDelete
  4. Nama : Afika Yulia Sari
    Twitter : @afikayulia
    Link Share : https://twitter.com/afikayulia/status/614419518404755456

    Jawaban :
    Jika saya diberi kesempatan untuk mengunjungi negara impian, tentu saja saya akan mengajak Ibu, Ayah, Adik, Kakek, Nenek, beserta keluarga besar saya dan sahabat-sahabat saya. Mengunjingi suatu tempat yang saya impikan bersama mereka semua merupakan suatu hal yang teristimewa. Namun, mengingat biayanya yang cukup woww :D tidak mungkin saya membawa mereka semua. Untuk itu saya cukup membawa Ibu, Ayah, dan Adik saya. Terkecuali jika biayanya gratis yang ditanggung pihak lain, mungkin saya bisa mengajak mereka semua :).
    Pertama-tama hal yang kami lakukan adalah bersyukur karena tiba giliran kami untuk menunaikan rukun islam yang kelima yaitu pergi haji. Kedua, niat dengan sepenuh hati yang semata-mata untuk beribadah kepada Allah Swt. Ketiga, menyegerakan ibadah sesuai dengan tahapan" dalam haji baik itu rukun maupun sunahnya. Menjaga etika, sopan santun, dan tidak berbicara sesuatu yang buruk. Keempat, ketika ibadah telah usai saya ingin menyempatkan waktu mengajak Ibu, Ayah dan Adik saya berjalan-jalan di kota Mekkah. Berbelanja untuk oleh-oleh, foto-foto untuk kenang-kenangan, dll.

    ReplyDelete
  5. Nama: Wulida
    Akun twitter: Jm_nim
    Link share giveaway:https://twitter.com/Jm_nim/status/614619116784123904

    Jawaban: Jika saya diberi kesempatan untuk mengunjungi negara impian, tentu saja saya akan mengajak Bapak dan Ibu. Bapak yang mengantar saya untuk tes masuk PTN, Bapak yang mengantar saya melengkapi surat-surat untuk mendaftar PTN, Bapak yang selalu saja mendoakan saya agar keinginan saya tercapai. Sudah sepantasnya saya mengajak beliau, beliau sudah berusaha sekuat tenaga membahagiakan saya, mungkin saat saya mengunjungi negara impian bersama beliau saya bisa membuatnya bahagia. Lalu saya juga mengajak ibu, Ibu yang mengingatkan saya agar terus belajar untuk menghadapi tes PTN, ibu yang membuatkan saya susu saat pagi, Ibu yang memberi makanan bergizi dan yang paling penting Ibu yang melahirkan dan menyusui saya. Saya hanya ingin membahagiakan orang tua saya dengan mengajaknya pergi ke Mekkah untuk menunaikan rukun islam.

    yang pertama kali kami lakukan adalah bersukur karena diberi kesempatan untuk melengkapi rukun islam. Lalu kami berniat untuk melakukan ibadah setelah ibu melakukan tahapan-tahapan haji sesuai rukunnya. Berbelanja oleh-oleh untuk saudara di rumah dan berdoa agar semua keluarga saya dan orang yang mengenal saya selalu sehat

    ReplyDelete
  6. Nama : Agatha Vonilia M.
    Akun twitter : @Agatha_AVM
    Link share : https://twitter.com/Agatha_AVM/status/614833387820335108

    Andaikan kamu mendapatkan kesempatan mengunjungi negara impian kalian, dengan siapa kamu akan pergi, kenapa kamu mengajak orang tersebut, dan apa yang akan kalian lakukan pertama disana?

    Jawaban: Jika aku benar-benar mendapatkan kesempatan untuk pergi ke Australia, aku hanya mengajak mama tercinta. Aku mengajak mama karena ingin memberikan mama sebuah liburan yang istimewa. Selama ini, mama selalu bekerja keras menjadi ibu rumah tangga yang baik. Ingin sekali, suatu hari dapat membawa mama pergi ke sebuah taman bunga mawar terindah di Australia. Aku berharap dengan menghilangkan seluruh kepenatan, pikiran dan beban yang harus mama tanggung sebagai seorang ibu, aku bisa melihat senyum malaikat di wajah mama dan mama merasa bahagia serta hatinya tenang.Ada berbagai macam taman bunga mawar di Australia, antara lain : Heritage Rose Garden, The Rose Maze, Araluen Botanic Park dan Adelaide Botanic Garden. Sesampai di Australia, kita akan meminta tolong kepada guide untuk membawa kita ke setiap taman bunga mawar terindah di Australia. Mawar bagi mama adalah bunga paling indah. Jelas sekali, raut wajah kebahagiaan mama akan langsung terpancar. Tidak hanya melihat bunga, mama pasti juga akan bertanya bagaimana cara berkebun yang benar pada petugas dan membeli beberapa bibit untuk ditanam di pekarangan rumah setibanya di Indonesia.

    ReplyDelete
  7. Nama: khusnul
    Twitter: @imahreana
    Link Share: https://twitter.com/imahreana/status/614936466095869952

    aku pengen ke korea, tepatnya ke soul tower *bener gk nulisnya :D
    dan aku pengen ngajak idolaku, yaitu ali syakieb. kyaknya seru aja menurutku, bisa dijadikan sebuah dokumenter tentang perjalan bersama sang idola. ntar disana pengen banget masang gembok yg bertuliskan nama idola, menjadikan bukti, bahwa selama ini dan seterusnya akan tetap ada buat mensuport dia. tentunya pengen juga selfie di depan gembok yg warna-warni cerah itu bareng dia *akkhh semoga :D
    setidaknya hal itu bisa jadi sebuah kenangan nanti, iya nanti. disaat mimpi itu menjadi kenyataan *amin

    ReplyDelete
  8. Nama :Dini Auliana Putri
    Twitter :https://twitter.com/Dini_AP28
    Link Share :Nama :Dini Auliana Putri
    Twitter :https://twitter.com/Dini_AP28
    Link Share :https://twitter.com/Dini_AP28/status/615013226367971329

    Andaikan kamu mendapatkan kesempatan mengunjungi negara impian kalian, dengan siapa kamu akan pergi, kenapa kamu mengajak orang tersebut, dan apa yang akan kalian lakukan pertama disana?

    Berhubung kami Muslim, tentunya saya ingin mengunjungi Negara Arab Saudi, tepatnya di Mekkah. Saya akan pergi bersama keluarga (Ayah, Mama dan adik), karena saya masih berstatus sebagai anak, maka saya mengajak mereka. Dan yg pertama ingin ku lakukan di sana adalah sholat di Masjidil Haram.

    ReplyDelete
  9. Nama: Thia Amelia
    Akun twitter: @Thia498
    Link share giveaway: https://twitter.com/Thia1498/status/615025202913644545
    Jawaban:

    Andaikan kamu mendapatkan kesempatan mengunjungi negara impian kalian, dengan siapa kamu akan pergi, kenapa kamu mengajak orang tersebut, dan apa yang akan kalian lakukan pertama disana?

    Jika saya mendapatkan kesempatan mengunjungi Negara impian saya, tentu saja saya akan mengajak orang-orang yang saya sayangi, dan orang yang saya sayangi itu adalah keluarga saya. Kedua orangtua ku, adik-adikku dan juga nenekku. Selama ini saya belum pernah melakukan apapun untuk membuat orang-orang yang saya sayangi –keluarga saya- bahagia, saat ini saya masih membuat mereka susah, seperti membiayai pendidikan saya, tempat tinggal dan makanan saya setiap hari. Karena itu, saat ini saya berusaha keras untuk mendapatkan impian saya, agar saya bisa mendapat nilai yang bagus ketika saya lulus SMA nanti, lalu kuliah ditempat yang saya inginkan dan bekerja. Lalu setelah itu saya akan mengumpulkan uang untuk membuat mereka bahagia, salah satu nya dengan mengunjungi Negara impian saya, Mekkah. Membawa mereka untuk beribadah tidak hanya dengan keluarga tapi juga dengan seluruh umat islam di dunia, mengunjungi makam Rosulullah, dan melihat bagaimana pesona islam disana. Semoga saja saya bisa mewujudkannya Aamiin 

    ReplyDelete
  10. Nama: Aya Murning
    Twitter: @murniaya
    Link share giveaway: https://twitter.com/murniaya/status/615024482705543168

    Jawaban:
    Aku ingin jalan-jalan berwisata dengan Papa dan Mama ke Kota Istanbul di Turki. Kayaknya sejak nonton serial Abad Kejayaan tentang King Sulaeman itu aku dan Mama jadi suka banget sama Turki. Aku mau ajak Papa dan Mama saja karena mereka itu adalah orang yang paling berjasa di hidupku, ingin menghabiskan quality time hertiga saja dengan mereka, maka jika benar-benar diberi kesempatan suatu hari nanti aku ingin sekali mengajak mereka ke sana. Apalagi mereka juga hobby jalan-jalan dan tentunya hobby makan. XD

    Jadi, tujuan utama ke Turki nanti ingin wisata kuliner. Pertama kami ingin makan kebab asli Turki. Lalu mencoba baklava yaitu roti lapis terbuat dari adonan pastri yang ada isi kacang dengan 40 layer tipis dan disiram dengan mentega cair dan taburan bubuk hijau (nggak tahu deh itu namanya apa). Dilanjutkan dengan mencicipi borek atau boregi, simit, kokorec, kunefe, dolma. Nggak lupa nyicipin jajanan pasarnya seperti misir (jagung rebus atau bakar), kestane (kastanye bakar), dan iced almond (kacang almond dingin). Seperti simit, 3 camilan ini juga dijual oleh pedagang gerobak keliling. Kuliner terakhir ditutup dengan si pencuci mulut yang unik yaitu dondurma--es krim yang disajikan dengan cone namun yang menarik adalah atraksi dari penjualnya dengan tongkat ketika akan memberikan es krimnya kepada pembeli. :D

    Nggak cuma wisata kuliner, tapi ke tempat-tempat unik juga. Aku mau ajak Papa dan Mama nyebur ke Pamukkale yaitu pemandian air panas yang sering disebut istana kapas karena sepanjang mata memandang hanyalah warna putih seperti kawah yang bertingkat-tingkat. Air panas dan lumpur di sana juga bisa jadi obat loh.
    Kalau ke Turki juga nggak lengkap rasanya kalau nggak mampir menyaksikan keindahan bangunan Hagia Sophia. Itu adalah bangunan yang dulunya gereja namun diubah menjadi masjid ketika berada di bawah kepemimpinan kerajaan Ottoman.
    Nah, yang satu ini mungkin nggak terlalu banyak dikenal, aku ingin sekali mengunjungi sebuah masjid di Istanbul, Turki yang menyimpan sebuah jubah peninggalan Rasulullah SAW dan beberapa helai janggutnya. Sempat lihat liputannya di tv sih, tapi pengin juga lihat langsung bersama Papa dan Mama.

    Semoga suatu hari bisa terwujud. Aamiin ya Allah...

    ReplyDelete
  11. Nama: Irmawati
    Akun twitter: @irmaa_waati
    Email: irmawati0337@gmail.com
    Link Share: https://mobile.twitter.com/irmaa_waati/status/615351693061001216?p=v

    Jawaban:

    Sebenernya negara impianku itu banyak, tapi pasti diantaranya ada yang lebih--sangat--paling--ingin aku kunjugi, yaitu Arab Saudi. Tepatnya aku ingin ke Mekkah untuk menunaikan ibadah haji atau setidaknya umrah. Aku akan mengajak Bapak sama Ibu aku, karena aku tahu sekali jika orangtuaku sangat ingin pergi kesana. Aku ingin menaikkan mereka haji, membalas semua kebaikan yang telah mereka berikan kepadaku. Meskipun kebaikan orangtuaku terutama Ibu, tidak akan pernah terbalas, tapi mungkin dengan menaikkan mereka haji untuk menyempurnakan ibadah, setidaknya pasti mereka bahagia. Disana pun kami aka memanjatkan da sebanyak-banyaknya untuk kebahagiaan keluarga kami. InsyaAllah sangat berkah jika pergi kesana. Karena sangat dianjurkan dalam rukun Islam dan menyempurnakan ibadah.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...