Monday, October 27, 2014

Book Review: Oh My Goodness: Buku Pintar Seorang Creative Junkies by Yoris Sebastian

Penulis: Yoris Sebastian
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 201
Format: Paperback
Terbit: Maret, 2010
Harga: Rp 60.000 (Gramedia)
Rating: 2 / 5 stars

Date started: 23 Oktober, 2014 - Date finished: 27 Oktober, 2014

Sinopsis:
Kreativitas bukanlah sesuatu yang given, melainkan sebuah keterampilan yang dapat dilatih dan dimunculkan. Namun ketika tumbuh dewasa, manusia cenderung menjadi tidak kreatif. Hal ini bisa terjadi karena rutinitas kerja, faktor lingkungan, dan mungkin memang tidak tahu bagaimana caranya mengasah kreativitas.
Dalam buku ini, Yoris Sebastian---pakar kreativitas Indonesia---membocorkan tips dan trik menjadi kreatif di segala bidang dan dalam setiap situasi. Karena ditulis berdasarkan pengalaman langsung Yoris saat mengerjakan proyek kreatif atau ketika menjadi konsultan sejumlah brand, langkah-langkah yang dipaparkan telah teruji serta dapat dipraktikkan dengan mudah.
Selain teori-teori, buku ini dilengkapi kuesioner yang mengukur kadar kreativitas seseorang, soundtrack di tiap bab, dan ilustrasi menarik. Tidak hanya itu, buku ini juga dilengkapi dengan augmented reality yang dapat menghubungkan pembaca langsung ke link facebook buku OMG. Membuatnya menjadi buku pertama di Indonesia yang memakai teknologi quick response code. Sampul bukunya pun didesain unik dengan konsep bisa diwarnai sendiri oleh pembaca. Semua itu membuat buku ini memberikan pengalaman membaca yang kreatif dan OMG! bagi pembaca untuk menjadi creative junkies yang berhasil di segala bidang.
Review:
You know, aku belum pernah menemukan buku non-fiksi yang memang sangat-sangat bagus dan menggugah perubahan dalam diriku atau bahkan menginspirasiku and this book was no different. Di buku ini Yoris Sebastian menceritakan perjalanan karirnya dan juga memberikan tips & trik yang sangat menarik tentang mengasah kreatifitas kita.
Kreatifitas sebaiknya dilakukan dari hal terkecil, sesuai kapasitas yang kita miliki. Saya termasuk orang yang percaya bahwa "every big step starts with an inch"-setiap langkah besar selalu dimulai dengan satu inchi, Keberhasilan saya saat ini sebagai pelaku industri kreatif merupakan hasil langkah demi langkah pencapaian yang dimulai dari hal terkecil.
Yoris Sebastian dulunya bekerja di majalah HAI!, Hard Rock Cafe Jakarta, dan sekarang telah mendirikan OMG! sebuah creative consulting firm. Memang konten di dalam buku ini menarik dan patut untuk dibaca, tetapi bagiku buku ini kurang inspiratif.
Apa yang bagus buat orang lain belum tentu bagus untuk kita.
Tips & trik yang ditawarkan dalam buku ini memang membantu kita untuk menyadari betapa pentingnya kreatifitas. Kreatifitas bukan hanya anugerah dari Tuhan bagi beberapa orang saja. Basically, everyone can be creative. Kreatifitas tentu sangat diperlukan di dunia yang penuh dengan inovator-inovator supaya kita bisa menyaingi mereka. Kunci dari melancarkan kreatifitas kita adalah dengan cara mengasahnya (membiasakan diri kita untuk berpikir kreatif).
"It is better to have enough ideas for some of them to be wrong, than to be always right by no having ideas at all" - Edward de Bono
Disini si penulis memprovide banyak sekali cara untuk me-maintain sisi kreatif kita. Buku ini juga dipenuhi latihan-latihan yang mengukur seberapa kreatif kita. Setiap chapter ada lagunya sendiri, yang diberikan oleh penulis karena cocok dengan chapter yang ditulisnya (a little tip: try reading the chapter while listening to the song!).
Sebagai orang yang kreatif, anda harus berbeda dengan orang lain. Tetapi perbedaan tersebut harus disertai alasan yang tepat. Don't just be different. Be different by reason!
Uniknya, buku ini ditulis tanpa halaman...mengapa? karena si penulis memang ingin berbeda dari buku-buku lain selain itu buku ini terhitung tipis, seharusnya aku bisa menyelesaikannya dengan cepat tapi nyatanya tidak mungkin memang non-fiksi adalah bukan genre favoritku (which means this review might be totally biased). I kind of struggled reading this book.

Yah, meskipun aku tidak terlalu menikmati buku ini aku tetap mempelajari banyak hal tentang kreatifitas yang sangat-sangat menarik. Dan banyak sekali contoh-contoh "real" aplikasi kreatifitas di Indonesia bahkan di dunia yang membuat buku ini memang lebih believable. Dan pastinya buku ini memiliki banyak kalimat yang quote-able!

© books-over-all ©

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...