Tuesday, December 2, 2014

Graphic Novel Review: Senyum - Smile (Smile, #1) by Raina Telgemeier

Penulis: Raina Telgemeier
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 224
Format: Paperback
Terbit: Juni, 2011
Harga: Rp 51,000 (BukuKita)
Rating: 4½ / 5 stars

Date started: 28 November, 2014 - Date finished: 28 November, 2014

Sinopsis:
Keluarga, Teman, Cowok… Gigi?!
Raina hanya ingin menjadi anak kelas enam yang normal. Tetapi, pada suatu malam, dia tersandung dan jatuh sehingga dua gigi depannya rusak parah. Hidupnya pun berubah menjadi kisah panjang pasang copot kawat gigi, operasi, headgear yang memalukan, bahkan retainer dengan gigi palsu! Namun, masih banyak yang harus dihadapinya: gempa bumi, masalah cowok, dan teman-teman yang ternyata tidak semuanya baik. Kisah Raina menyadarkan kita tentang arti persahabatan sebenarnya, dan tentang panggilan jiwa.
Review:
Pada suatu malam, Raina terjatuh ketika berlarian dengan teman-temannya, akibatnya gigi depannya satu masuk ke dalam gusi dan yang satunya copot. Dari sinilah dimulai perjalanan kehidupan Raina dalam membetulkan giginya kembali untuk menjadi normal semasa SMP dan SMA-nya. Dalam masa penyembuhan giginya, Raina bertemu dengan berbagai macam dokter gigi yang ternyata mulai dari orthodontis, periodontis dan tis tis lainnya (loh?) perawatan yang berakrab-akraban dengan gips, kawat gigi, headgear, gas tawa, tylenol, dll.
Aneh. Sesuatu terjadi saat kau tersenyum pada orang. Mereka balas tersenyum. -Raina Telgemeier
Raina juga gadis remaja biasa, dia menghadapi pelajaran-pelajaran yang semakin sulit, naksir cowok, dan melewati masa pubertas. Permasalahan utama Raina adalah dia takut akan diolok-olok teman-temannya karena giginya. Teman dekat Raina pun tak membantu sama sekali bukannya mendukung Raina malah memperolok Raina. Raina ini bukan anak yang populer di sekolahnya, dia lebih menyukai menggambar jadi wajar saja kalo dia ragu, beneran bisa normal lagi nggak hidupnya karena giginya itu.
Sejujurnya...aku ingin ciuman pertamaku sempurna. Cowok sempurna. Setting sempurna. Diiringi lagu yang sempurna. Tapi selain semua itu. Aku juga membayangkan diriku sempurna. -Raina Telgemeier
Senangnya bisa membaca novel grafis lagi! yang ini pun tak kalah seru ceritanya sehingga saya hanya butuh waktu singkat untuk membacanya dan menikmatinya. Cerita tentang Raina ini ternyata bukan fiksi melainkan pengalaman pribadi sang penulis sendiri. Ngga tau kenapa aku sangat suka sekali dengan cerita Raina ini. Mungkin karena aku memang juga sesama pemakai kawat gigi jadi cerita Raina disini sangat relatable bagiku hehehe. Beberapa macam proses pembenahan gigi yang dilaksanakan Raina pernah juga terjadi padaku.
Banyak anak yang memakai alat aneh untuk mengoreksi tubuh. Kau mungkin tidak menyadarinya karena tak ada yang membicarakannya. -Sue Telgemeier
Karakter Raina menrutku adalah karakter yang sangat mengasyikkan bila dijadikan teman di kehidupan nyata, selain artistik dia juga seorang gamer (I'm a little bit of a gamer myself once) dia juga humoris. Meskipun aku tidak suka dengan teman-teman dekat Raina karena mereka hanya menilai orang dari luarnya saja dan terkadang bercandaan mereka berlebihan (sangat menyebalkan!).

Cerita dari novel grafis ini sebenarnya sangat sederhana tapi si penulis disini menceritakannya dengan sangat baik dengan bahasa yang mudah dipahami dan juga penuh detail terutama pada bagian-bagian Raina sedang ke dokter gigi kita mengetahui banyak terminologi tentang dunia dokter gigi dan perawatan gigi yang menurutku sangat menarik dan informatif. Meskipun ceritanya sederhana bukan berarti kita tidak mendapatkan apa-apa dari membaca novel grafis ini. Tentu saja ada nilai moral yang kita dapatkan dari cerita ini yaitu "if you smile, the world will smile back at you" dan juga "surround yourself with people who support you, not people who bring you down" itulah nilai-nilai moral yang kudapat setelah membaca novel grafis ini.

Overall aku sangat menikmati membaca buku ini dan bagi para penikmat novel grafis aku sarankan untuk segera membaca ini karena novel grafis ini akan membuat kalian tersenyum!

© books-over-all ©

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...